Rabu, 09 Maret 2016

Apakah yang membuat wanita itu puteri dan pria itu Jantan?

Tiap sel dalam tubuh kita, secara wajar berisi sebanak empat puluh enam kromosom, dua pasang autosom (kromosom bukan seks) dan sepasang kromosom seks. Pada wanita normal, kromosom seksnya adalah XX sedangkan pada prian normal adalah XY. Dalam istilah kedokteran untuk pria dan wanita normal dengan komplemen kromosom penuh, dilambangkan sebagai 46XY dan 46XX, sangat respektif.

Genetika atau seks kromosomal diperluakan sekali pada saat konsepsi. Jika ovum yang secara normal membawa X kromosom dibuahi oleh sebuah spora kembara, menghasilkan XX atau genetika wanita. Sebaliknya jika ovum dibuahi oleh sebuah sperma kembara Y makan akan menghasilkan XY atau genetika pria.


Sepanjang ovum membawa X – kromosom sebuah maka yang akan dihasilkan adalah XX atau XY. Dan dari sinilah sebenarnya mulai timbul perbedaan seksual. Selama lima atau enam minggu pertama kehamilan, janin akan memiliki jenis kelamin yang tidak dapat dibedakan karena masih dalam proses perkembangan, antara pembentukan system saluran dalam kelamin wanita yaitu : tabung tabung Fallopia, uterus serta liang sanggama atas.